Wednesday, January 20, 2010

Diare......., Masyarakat bentuk Forum Desa Siaga

Diare merupakan sebuah penyakit yang tidak asing lagi di Indonesia. Namun belum banyak yang mengetahui bahwa penyakit yang ditandai dengan seringnya buang air besar dalam bentuk cairan selama dua hari atau lebih. Kehilangan cairan tubuh dalam jumlah yang sangat banyak dalam waktu cepat menyebabkan dehidrasi sehingga tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Anak-anak dan orang tua sangat rentan akan penyakit yang oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah ditetapkan sebagai penyebab nomor satu kematian balita di seluruh dunia.

Untuk mencegah penularan diare, perilaku hidup bersih dan sehat sangatlah menentukan. Sayangnya, sebagian besar masyarakat perkotaan yang hidup di daerah kumuh belum menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan pakai sabun, meminum air yang telah dimasak, mengelola sampah dengan baik agar tidak terkontaminasi kuman, dan menggunakan jamban yang bertangki septik.

Pemerintah Kota Makassar membentuk Forum Desa Siaga di Kelurahan Maricaya Selatan, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar. Desa Siaga merupakan gambaran masyarakat yang sadar, mau, dan mampu mencegah serta mengatasi berbagai ancaman kesehatan masyarakat seperti, kurang gizi, penyakit menular, perilaku kesehatan yang keliru, dan kejadian bencana.

Agar anggota masyarakat Desa Siaga dapat memiliki pengetahuan yang lebih baik mengenai pola hidup bersih dan sehat, dilakukan Survey Mawas Diri [awareness], pelatihan, rembug masyarakat, dan pendampingan. Selain memperkenalkan dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat, juga diadakan peningkatan pengetahuan bagi para pekerja perempuan, dan perbaikan kualitas persalinan untuk menghindari resiko penyakit persalinan. Untuk keperluan ini, bidan tradisional akan dilatih agar dapat memiliki pengetahuan yang lebih baik, disamping menjadi fasilitator untuk aktivitas peningkatan gizi, dan relawan atau kader asisten bidan desa.

Untuk menunjang berbagai kegiatan Forum Desa Siaga tersebut di atas, akan dibangun sarana Puskesdes yang operasionalnya akan difasilitasi oleh Forum.

No comments:

Post a Comment