Saturday, January 18, 2014

Sebagaimana keterangan pada bagian bawah peta di atas, terdapat lima jalur kereta yang masing-masingnya ditandai dengan warna berbeda, yakni KTM Komuter (jalur warna biru), Kelana Jaya/Putra Line (jalur warna merah), Ampang Line (jalur warna kuning), KL Monorail (jalur warna hijau), KLIA Ekspress/Transit (jalur warna ungu).
KTM Komuter melayani rute antara Seremban - Tasek Selatan - KL Sentral - Kuala Kubu Bharu / Tanjung Malim atau ke Batu Caves.
Kelana Jaya (Putra) Line melayani rute antara Kelana Jaya - Terminal Putra, yang melewati KLCC (lokasi beradanya Petronas Twin Tower atau Menara Kembar), Masjid Jamek, dan juga KL Sentral.
Ampang Line melayani rute antara Sri Petaling - Ampang - Sentul Timur yang juga melewati Tasek Selatan, Pudu, Masjid Jamek.
KL Monorail melayani rute KL Sentral - Bukit Bintang - Titi Wangsa.
KLIA Ekspress/Transit melayani rute antara KL Sentral - Tasek Selatan - Putra Jaya - Salak Tinggi - KL International Airport.
Perhatikan bahwa KL Sentral menjadi stasiun transit yang mempertemukan empat jalur kereta yang ada (kecuali jalur kuning / Ampang Line). Stasiun transit besar yang lain adalah di Tasek Selatan, yang juga merupakan lokasi keberadaan terminal bus di Kuala Lumpur yang datang dari arah Selatan (seperti Singapore, Johor, Malaka, dsb) yang bernama TBS (Terminal Berpadu Selatan). Terminal Berpadu Selatan ini menggantikan peran terminal bus Pudu Raya dulunya yang sekarang sudah dialihkan ke TBS ini.
Tempat transit / pergantian jalur kereta lain adalah di Masjid Jamek (mempertemukan jalur Kelana Jaya dan Ampang Line), Titiwangsa (mempertemukan jalur Monorail dan Ampang Line), dan Hang Tuah (mempertemukan jalur Monorail dan Ampang Line).
Contoh perjalanan kereta adalah sebagai berikut :
  • Jika anda sampai dari arah Singapore/ Johor dengan bus di Kuala Lumpur - dimana bus anda akan berhenti terakhir di Terminal Berpadu Selatan yang juga merupakan tempat stasiun kereta Tasek Selatan - sedangkan anda berencana menuju Bukit Bintang, maka anda bisa naik jalur kereta Ampang Line di stasiun Tasek Selatan tersebut dengan menaiki kereta yang datang dari arah Sri Petaling menuju Sentul Timur, dimana anda nantinya harus turun di stasiun Hang Tuah untuk kemudian berpindah jalur kereta menaiki jalur Monorail disana, menaiki kereta yang datang dari arah KL Sentral, dan anda bisa turun di stasiun Bukit Bintang setelah kereta melalui stasiun Imbi. Alternatif lain nya adalah dari stasiun Tasek Selatan tersebut anda bisa naik jalur KTM Komuter dulu ke KL Sentral, lalu dari KL Sentral naik monorail menuju Bukit Bintang (akan tetapi jalur ini terutama karena harus menaiki KTM Komuter dulu tak disarankan, alasannya baca dengan mengklik DISINI).
  • Jika anda berencana ke 
  •  
Semoga peta jalur dan stasiun kereta lengkap Kuala Lumpur (rail map) di atas akan membantu anda ketika hendak jalan-jalan atau mengunjungi kota Kuala Lumpur.

No comments:

Post a Comment