Nama Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/ Program/Semester Materi Pokok Alokasi Waktu | : SMA NEGERI 1 MAKASSAR : F I S I K A : XI / ILMU ALAM / GAZAL : HUKUM GRAVITASI NEWTON : 8 x 45 menit /(4x Pertemuan) |
STANDAR KOMPETENSI | : |
|
KOMPETENSI DASAR | : | 1.2. Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton |
INDIKATOR PENCAPAIAN | : |
|
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 :
- Siswa dapat menyebutkan bunyi hukum gravitasi umum Newton
- Siswa dapat menerapkan formulasi gaya gravitasi antara kedua benda dalam soal-soal hitungan sederhana
Pertemuan 2 :
- Siswa dapat menghitung resultan gaya gravitasi yang dialami sebuah benda akibat bekerjanya dua buah gaya atau lebih
- Siswa dapat melukiskan resultan gaya gravitasi yang dialami sebuah benda akibat bekerjanya dua buah gaya atau lebih
Pertemuan 3 :
- Siswa dapat menyebutkan definisi medan gravitasi
- Siswa dapat menerapkan formulasi kuat medan gravitasi yang dialami benda disuatu tempat dalam suatu sistem
- Siswa dapat menghitung dan membandingkan besaran percepatan gravitasi atau kuat medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda diatas permukaan bumi
Pertemuan 4 :
- Siswa dapat menyebutkan bunyi hukum I, II dan III Kepler
- Siswa dapat memformulasikan dan mengaplikasikan formulasi hk III Kepler dalam soal-soal hitungan sederhana
- Siswa dapat menunjukkan kesesuaian hukum-hukum Kepler dengan hukum gravitasi Newton dalam sebuah penerapan rumus dalam soal-soal hitungan sederhana
- Siswa dapat menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler dan mengemukakannya dalam bentuk deskripsi data
- Siswa dapat menemukan hubungan antara perioda bulan, massa bumi dan jari-jari bumi dalam sebuah penurunan matematis
- Siswa dapat menyebutkan kesesuaian hukum-hukum Kepler dengan hukum gravitasi Newton
- Siswa dapat menghitung kecepatan satelit untuk mengorbit mengelilingi planet pada 8 buah planet yang ada di tata surya kita dalam sebuah tugas proyek.
- MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 :
- Perumusan Hukum Gravitasi Newton
Berdasarkan penurunan persamaan matematis dari hk III Newton, dan meneliti data-data yang telah dikumpulkan tentang orbit planet-planet mengitari Matahari, maka menyimpulkan dalam hukumnya :
"Gaya Gravitasi antara dua benda merupakan gaya tarik menarik yang besarnya berbanding lurus dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya."
- Gaya Gravitasi Pada Benda Titik
Besar gaya gravitasi dapat ditulisklan sebagi berikut :
Pertemuan 2 :
- Resultan Gaya Gravitasi pada suatu benda
Jika pada sebuah benda m bekerja dua buah gaya gravitasi atau lebih maka resultan gaya yang mempengaruhi benda m tersebut adalah :
Karena gaya gravitasi adalah besaran vektor maka jika ada tiga benda seperti diatas maka resultan gaya gravitasi yang dialami sebuah benda yang disebabkan oleh gaya gravitasi kedua benda lainnya adalah resultan dari gaya-gaya itu; jika letak benda dalam satu garis lurus maka :
`
Dan jika benda membentuk sudut q, maka resultan gayanya menjadi :
Pertemuan 3 :
- Percepatan Gravitasi Dan Kuat Medan Gravitasi
Kuat medan gravitasi dititik apa saja dalam ruang yang dipengaruhi medan gravitasi didefinisikan sebagai gaya gravitasi persatuan massa pada suatu massa uji m, sehingga kuat medan gravitasi atau percepatan gravitasi yang dilami oleh benda bermassa m di suatu tempat tertentu adalah :
Pertemuan 4 :
Percepatan gravitasi benda disuatu tempat pada ketinggian tertentu di atas permukaan bumi adalah :
- Hukum-hukum KEPLER :
- Hukum I Kepler : Semua planet bergerak pada lintasan elips mengitari Matahari dengan Matahari berada di salah satu fokus elips.
- Hukum II Kepler : Suatu garis khayal yang menghubungkan antara Matahari dengan planet menyapu luas juring yang sama dalam selang waktu yang sama
- Hukum III Kepler : Perbandingan kuadrat periode terhadap pangkat tiga dari setengah sumbu panjang elips adalah sama untuk semua planet.
Hukum ketiga ini dapat dituliskan sebagai berikut :
atau
T = peride revolusi R = jari-jari rata-rata orbit planet K = suatu tetapan yang memiliki nilai sama untuk semua planet |
- Gerak Planet Dalam Tata Surya
- Kelajuan benda untuk mengorbit planet dapat dihitung dengan cara :
Karena , maka
Kelajuan benda untuk mengorbit planet bisa dihitung dengan formulasi :
- Kesesuaian hukum Gravitasi Newton dengan Hukum III Kepler dinyatakan dalam persamaan :
- KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
KKM KD. 1.2 = 75% (dari 0 – 100%)
- SUMBER/ BAHAN/ ALAT BANTU
- Sumber : Buku Fisika 2A Ir. Marthen Kanginan, M.Sc. Penerbit Erlangga halaman : 114 - 147
- Bahan : bahan presentasi
- Alat : media presentasi
- Sumber : Buku Fisika 2A Ir. Marthen Kanginan, M.Sc. Penerbit Erlangga halaman : 114 - 147
- METODE /PENDEKATAN :
- Metode : Demonstrasi, Informasi / ceramah bervariasi, diskusi, tanya jawab
- Model : Direct Instruction, Cooperative learning (jigsaw)
- Metode : Demonstrasi, Informasi / ceramah bervariasi, diskusi, tanya jawab
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 : Menganalisis hubungan antara gaya gravitasi dengan massa benda dan jaraknya
Sintaks | Kegiatan Guru_Siswa | Waktu |
Kegiatan Awal : Apersepsi/ Orientasi/ Motivasi |
| 20' |
Kegiatan Inti :
Presentasi & Penugasan terstruktur / terbimbing |
|
50' |
Kegiatan Akhir : Refleksi & Tugas Mandiri |
|
20' |
Pertemuan 2 : Menghitung resultan gaya gravitasi pada benda titik dalam suatu sistem
Sintaks | Kegiatan Guru_Siswa | Waktu |
Kegiatan Awal : Apersepsi/ Orientasi/ Motivasi |
|
30' |
Kegiatan Inti : Penugasan terstruktur / terbimbing |
| 40' |
Kegiatan Akhir : Refleksi & Tugas Mandiri |
|
20' |
- Pertemuan 3 : Membandingkan percepatan gravitasi dan kuat medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda
Sintaks | Kegiatan Guru_Siswa | Waktu |
Kegiatan Awal : Apersepsi/ Orientasi/ Motivasi |
|
30'
|
Kegiatan Inti :
Presentasi & Penugasan terstruktur/ terbimbing |
|
40' |
Kegiatan Akhir : Refleksi & Tugas Mandiri |
|
20' |
- Pertemuan 4 :
Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler
Sintaks | Kegiatan Guru_Siswa | Waktu |
Kegiatan Awal : Apersepsi/ Orientasi/ Motivasi |
| 30'
|
Kegiatan Inti :
Presentasi & Penugasan terstruktur/ terbimbing |
| 50' |
Kegiatan Akhir : Refleksi |
| 10' |
- PENILAIAN & TINDAK LANJUT
- Prosedur Penilaian :
- Penilaian Kognitif
- Jenis : Ulangan KD, Tugas Individu, Tugas Kelompok
- Bentuk : Pilihan Ganda, Uraian, Laporan
- Jenis : Ulangan KD, Tugas Individu, Tugas Kelompok
- Penilaian Sikap
- Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa
- Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa
- Instrumen :
- Aspek Kognitif : Soal Terlampir
- Aspek Sikap : Lembar Pengamatan Sikap Siswa
- Tindak Lanjut :
- Pembelajaran Remedial , untuk siswa yang memperoleh Nilai KD < KKM ;
Mengikuti program pembelajaran Remedial dengan pengelompokkan sbb :
- Bagi siswa yang memperoleh nilai 65 – 74, diberikan Tugas Mandiri untuk menyelesaikan masalah / soal yang berkaitan dengan IP yang tidak tuntas
- Bagi siswa yang memperoleh nilai 55 – 64, diberikan pembelajaran dengan tutor sebaya dengan cara menyelesaikan / membahas soal-soal uji kompetensi yang indikatornya tidak tuntas
- Bagi siswa yang memperoleh nilai >64, diberikan pembelajaran ulang secara klasikal oleh guru mapel
- Melakukan uji pemahaman ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan indikator pencapaian yang belum tuntas)
- Pembelajaran Pengayaan, bagi siswa yang memperoleh Nilai KD ≥ KKM ;
- Memberikan program pembelajaran tutorial dalam pembahasan soal-soal ujian KD bagi teman-teman dikelompok tengah yang mengikuti pembelajaran remedial.
Mengetahui : Kepala SMA Negeri 1 Makassar
Drs. HERMAN HADING, M.Pd. NIP 1953031980031012 | Makassar, 13 Juli 2009
Guru Mata Pelajaran,
Dra. ARUM DWI TJONDROWATY NIP 132174654 |
Instrumen Penilaian Kognitif
1. TES TERTULIS
- ESSAY / URAIAN
|
|
01.
02.
03.
04.
05.
06.
| Tuliskanlah konsep :
Dua buah partikel bermassa 0,40 kg dan 0,30 kg terpisah sejauh 0,25 m. Partikel ketiga yang bermassa 0,080 kg diletakkan diantara keduanya dan pada garis hubung kedua partikel itu. Hitung : gaya gravitasi yang bekerja pada partikel ketiga jika partikel itu diletakkan 0,005 m dari benda bermassa 0,30 kg.
Jarak Bumi ke Matahari adalah 1,5 x 1011 m dan jarak bulan ke Bumi 3,84 x 108 m. Bumi mengelilingi Matahari 365 hari dan Bulan mengelilingi bumi 27,3 hari. Anggap orbit Bumi dan Bulan berbentuk lingkaran. Tentukanlah perbandingan massa Matahari dan massa Bumi.
Sebuah satelit S mengorbit planet P pada ketinggian 3600 km diatas permukaan planet P yang memiliki jari-jari 9800 km. Jika massa planet P 8 x 1026 kg dan konstanta gravitasi umum 6,6 x 10-11Nm2/kg2, tentukanlah periode dan laju satelit S tersebut dalam mengelilingi planet P.
Percepatan akibat gravitasi di sebuah planet P 26,9 m/s2. Jika massa jenis planet P, 1,42 gr/cm3, maka hitunglah jari-jarinya!
Hitung berat orang di bulan jika beratnya di bumi 600 Newton. Anggap jarijari bumi 3,7 kali jari-jari bulan dan massa bumi 80 kali massa bulan! | 01.
02.
03.
04.
05.
06.
| Tuliskanlah konsep :
Dua buah partikel bermassa 0,20 kg dan 0,30 kg terpisah sejauh 0,15 m. Partikel ketiga yang bermassa 0,050 kg diletakkan diantara keduanya dan pada garis hubung kedua partikel itu. Hitung : gaya gravitasi yang bekerja pada partikel ketiga jika partikel itu diletakkan 0,008 m dari benda bermassa 0,30 kg.
Jarak Mars ke Matahari adalah 2,3 x 1011 m dan jarak Phobos ke Mars 9,50 x 106 m. Mars mengelilingi Matahari 686 hari dan Phobos mengelilingi Mars 18,4 hari. Anggap orbit Mars dan Phobos berbentuk lingkaran. Tentukanlah perbandingan massa Matahari dan massa Mars.
Sebuah satelit S mengorbit planet P pada ketinggian 2500 km diatas permukaan planet P yang memiliki jari-jari 6400 km. Jika massa planet P 6 x 1024 kg dan konstanta gravitasi umum 6,6 x 10-11Nm2/kg2, tentukanlah periode dan laju satelit S tersebut dalam mengelilingi planet P.
Percepatan akibat gravitasi di sebuah planet P 27,6 m/s2. Jika massa jenis planet P, 1,28 gr/cm3, maka hitunglah jari-jarinya!
Hitung berat orang di bulan jika beratnya di bumi 670 Newton. Anggap jarijari bumi 3,7 kali jari-jari bulan dan massa bumi 80 kali massa bulan! |
KUNCI JAWABAN & PEDOMAN PENSKORAN
No soal | KUNCI JAWABAN | SKOR |
01. | a. Gaya Gravitasi antara dua benda merupakan gaya tarik menarik yang besarnya berbanding lurus dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya.
b. Bunyi Hukum Kepler Hukum I Kepler : Semua planet bergerak pada lintasan elips mengitari Matahari dengan Matahari berada di salah satu fokus elips. Hukum II Kepler : Suatu garis khayal yang menghubungkan antara Matahari dengan planet menyapu luas juring yang sama dalam selang waktu yang sama Hukum III Kepler : Perbandingan kuadrat periode terhadap pangkat tiga dari setengah sumbu panjang elips adalah sama untuk semua planet. | 2
3 |
02. |
Diket : m = 5 kg fk = 0,4 q = 30o G = 10 m/s2 Dit :
Solusi : b.
|
8
|
03.
|
Solusi : a.
b.Agar partikel m3 tidak dikenai gaya gravitasi maka :
|
12
|
04. |
Diket. : rB = 1,5x1011m rb TB Tb = 27,3 hari Dit. : MM:mB
Solusi : Dengan persamaan gravitasi Newton dicari terlebih dahulu persamaan MM dan persamaan mB , setelah itu maka substitusikan pada persamaan perbandingn yang ditanyakan.
Substitusikan persamaan MM dab mB ke dalam persamaan : MM
|
8
|
05. | Diket. : hs = 2500 km RP = 6400 km mP = 6x1024 kg G = 6,6x10-11 Nm2/kg2 Solusi :
|
4
|
PENILAIAN TES TERTULIS :
No soal | BOBOT | SKOR | NILAI |
01. 02. 03. 04. 05. | 10% 20% 35% 25% 20% | 5 8 12 8 4 | 10 20 30 20 20 |
100% | 60 | 100 |
2. TUGAS INDIVIDU : Uraian
- Mengerjakan soalsoal latihan dari buku sumber :
- Latihan hal.121 No. 16,17
- Latihan hal 123 No. 18
- Latihan hal 126-127 No. 19,20
- Latihan hal 145 No. 28,29,30
- Membuat Rangkuman untuk KD. 1.2. tentang gaya gravitasi Newton
3. TUGAS KELOMPOK : Laporan
Menyusun hasil diskusi berupa laporan :
- Tentang gerak dalam sistem tata surya dan masalah gravitasi antar planet (Mencari referensi tentang planet dan satelitnya dalam sistem tata surya kita sehubungan dengan data massa dan radius masing-masing planet untuk dihitung kecepatan orbit masing-masing satelit mengelilingi planet-planetnya)
Rubrik Penilaian Kognitif (N-KD)
No. | Nama Peserta Didik | N-Tes | N-TUGAS | Rerata N- Tugas | Nilai KD 1.2 | ||
1 | 2 | 3 | |||||
1. | . . . | ||||||
2. | |||||||
dst. | |||||||
. . . |
Formulasi Nilai KD 1.2 :
Instrumen Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian :
No. | Nama | Aspek Sikap yg dinilai | Rerata Nilai | Predikat | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
1.
2.
3.
4.
5.
Dst. |
Aspek Sikap :
- Disiplin (Kehadiran+Kerajinan)
- Respon terhadap Mata pelajaran
- Kerjasama kelompok
- Komitmen
- Performance
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 0 s/d 100
Konversi Angka : 0-55 = Rendah, 56-79 = Sedang, 80-100 = Tinggi
No comments:
Post a Comment